Target DepDikNas…’til 2015


HINGGA TAHUN 2015 DEPDIKNAS TARGETKAN ; Beri Beasiswa bagi 45 Ribuan Mahasiswa Asing 03/01/2008 09:04:40 From Kedaulatan Rakyat
YOGYA (KR) – Kepala Bagian Kerja sama dan Hubungan Luar Negeri Universitas Sanata Dharma (USD) Yogyakarta Paulus Sarwoto MA mengatakan, adanya Rancangan Undang-undang (RUU) Badan Hukum Pendidikan (BHP) dan WTO secara tidak langsung menjadikan tantangan yang harus dihadapi pengelola perguruan tinggi (PT) semakin kompleks. Untuk mengatasi persoalan itu selain berusaha meningkatkan kualitas diri, USD juga mulai mengintensifkan kerja sama dengan PT dari luar negeri termasuk Nanzan Univerity yang ada di Nagoya Jepang.

“Berdasarkan nota kesepahaman yang ditandatangani pada 20 November kemarin, Nanzan University akan mengirimkan 30 mahasiswanya untuk belajar Bahasa dan Budaya di USD selama 1 bulan. Karena waktu belajarnya terbatas ( 1 bulan) mereka akan ditangani lembaga bahasa yang ada di USD,” katanya.

Paulus Sarwoto menambahkan, selama berada di USD mahasiswa dari Nanzan University itu akan memperdalam berbagai kebudayaan bahasa dan budaya yang ada di Indonesia. Namun agar hasilnya bisa optimal dan materi yang diberikan lebih terfokus. Pihaknya berencana memberikan porsi yang lebih untuk bahasa dan kebudayaan Jawa seperti (gamelan, batik dll), sehingga mereka bisa mengenal dan menguasai materi secara mendalam.

“Untuk Nanzan Indonesia Languange Program (NILP) rencananya akan dilaksanakan pada tahun ketiga atau tahun 2010. Sementara untuk program Darmasiswa kami masih menunggu kepastian waktunya. Tapi pada prinsipnya kapanpun kami siap menerima mereka,” ujarnya, seraya menambahkan, selain dengan Nanzan University pihaknya juga menjalin kerja sama dengan beberapa univeritas di Korea, Jepang Belanda dan AS.

Dijelaskannya, dengan adanya kerja sama (student mobility) tersebut, pihaknya berharap bisa mendorong mahasiswa dan dosen untuk meningkatkan kualitas diri dan go internasional. Guna mewujudkan hal itu USD berencana mengirim staf pengajar untuk belajar di Japanese Studies yang ada di Nanzan University.

Kualitas Pendidikan
Pangesti Wiedarti Ph.D, dari Biro Perencanaan dan Kerja Sama Luar Negeri Depdiknas menegaskan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia dan mempererat hubungan dengan negara lain Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas) memang menawarkan beasiswa program Darmasiswa RI pada mahasiswa asing dan negara sahabat untuk belajar Bahasa Indonesia, seni musik, seni tari tradisional dan seni kriya serta studi lainnya pada lembaga perguruan tinggi di Indonesia. Adapun tujuan dari program Darmasiswa tersebut adalah menyebarluaskan bahasa, seni dan budaya kepada negara-negara sahabat. Di samping itu sebagai timbal balik terhadap tawaran beasiswa yang telah diberikan oleh negara sahabat pada Indonesia.

Pemberian beasiswa asing melalui program Darmasiswa RI itu rencananya akan dilaksanakan dari tahun 2007 sampai tahun 2015. Dengan target yang selalu meningkat. Misalnya untuk tahun 2007 dengan target 500 mahasiswa, 750 mahasiswa pada tahun 2008, 1000 mahasiswa untuk 2009. Begitu juga untuk tahun 2010 sebanyak 2000 mahasiswa, 2011 sebanyak 3.000 mahasiswa, tahun 2012 sebanyak 4.000 mahasiswa, 2013 dengan target 5.000 mahasiswa. Serta 7.500 dan 10.000 mahasiswa pada tahun 2014 dan 2015.

Program Darmasiswa RI ini ada 5 macam yaitu program Darmasiswa RI-reguler, Darmasiswa RI short course, Darmasiswa Plus, darmasiswa plus mata kuliah lainnya dan Darmasiswa khusus double degree.
Untuk mengikuti program tersebut calon penerima beasiswa harus mengikuti beberapa persyaratan yang sudah ditentukan seperti: formulir aplikasi, fotokopi transkrip akademik terakhir, berbadan sehat dibuktikan dengan surat keterangan dokter, pas foto 4×6 sebanyak 5 lembar, punya kemampuan Bahasa Inggris dan fotocopy paspor yang masih berlaku minimal 18 bulan.

Bagi mereka yang lolos akan mendapatkan fasilitas berupa pembebasan biaya studi, uang Darmasiswa (tunjangan hidup sebesar Rp 1 juta/bulan dan uang pakaian sebesar Rp 300 ribu yang diberikan 1 kali. (R-5/Ela)-s

Author: titosuharto

Cuma manusia yang tak akan pernah berhenti untuk memperbaiki diri. Dan cuma bisa bersandar padaNya,,, InsyaAllah manfaat. New spirit, new soul, and new heart.

1 thought on “Target DepDikNas…’til 2015”

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s