Harga minyak senggol 115 US per barel


Pergerakan harga minyak dunia semakin liar. Harga minyak di New York bahkan sempat menyenggol level US$ 115 per barel meski akhirnya ditutup di posisi 114,93 per barel.

Harga minyak terus membukukan rekor-rekor baru menjelang musim panas yang membuat persediaan minyak di AS makin ketat karena bakal tingginya permintaan.

Departemen Energi AS (DoE) mengumumkan persediaan minyak mentah turun 2,3 juta barel per 11 April 2008, yang penurunannya jauh lebih besar dari perkiraan para analis sebesar 1,8 juta barel.

Persediaan minyak mentah AS kini sebesar 313,7 juta barel, yang separuh lebih rendah dari rata-rata stok di tahun ini.

Meroketnya harga minyak dunia ini dipicu melemahnya dolar AS di posisi terendahnya terhadap mata uang tunggal Eropa. Euro kini di posisi tertingginya 1.5979 dolar AS. Akibatnya banyak investor yang beralih ke komoditas untuk melindungi investasi dari inflasi dan kejatuhan dolar AS.

DoE juga mengumumkan stok BBM turun 5,5 juta barel atau jauh dari perkiraan pasar yang turun 1,8 juta barel, sedangkan stok minyak diesel naik 100 ribu barel dari prediksi semula turun 1,5 juta barel.

Pelaku pasar kini fokus pada suplai BBM menjelang musim panas dan masa libur di AS yang biasanya penggunaan BBM meningkat.

Seperti dilansir AFP, Kamis (17/4/2008), harga minyak 16 April untuk jenis light sweet pada pengiriman Mei menyentuh level terbarunya US$ 115,14 per barel pada penutupan di electronic trading after the market. Sedangkan harga minyak di pasar reguler untuk pengiriman Mei naik US$ 1,14 menjadi US$ 114,93 per barel.

Di London harga minyak jenisĀ  Brent North Sea untuk pengiriman Juni sempat menyentuh rekor US$ 112,79 per barel sebelum akhirnya ditutup di posisi US$ 112,66 per barel.

Harga minyak menembus level psikologis US$ 100 pertamakali pada 2 Januari 2008. Setelah itu tren harga minyak terus naik.

4m detik.com

Author: titosuharto

Cuma manusia yang tak akan pernah berhenti untuk memperbaiki diri. Dan cuma bisa bersandar padaNya,,, InsyaAllah manfaat. New spirit, new soul, and new heart.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s