Troubleshooting ponsel Symbian


Symbian Around The World

Ponsel symbian sesungguhnya mempunyai beberapa kelebihan. Karena bersifat open source menjadikan kita lebih mudah mengkostumisasi.

Diantaranya dengan penambahan aplikasi. Tapi adakalanya ponsel kita mengalami gangguan yaitu application closed dan gagal booting. Ini dikarenakan penggunaan aplikasi bajakan, memori terlalu penuh atau terlalu sering bongkar pasang aplikasi.
Untuk mengatasinya, kami berikan tips sebagai berikut :

1. Uninstal aplikasi yg anda curigai.
Ingat kapan terakhir ponsel anda bekerja dengan baik sebelum terjadi masalah. Setelah itu coba uninstall aplikasi tersebut. Caranya masuk tool-manager-pilih aplikasinya-option-remove.

2. Menghidupkan ponsel tanpa mmc.
Cara ini kadang2 mengatasi penyakit symbian. Sebab seringkali permasalahan ada di mmc nya.

3. Memperbaiki bootdata.
Buka seleQ. Lalu cari file firstboot.dat. Biasanya ada difolder C:/system/bootdata/.
Hapus file tsb. Lalu matikan ponsel dan cabut mmc kemudian hidupkan. Jika berhasil kita akan diminta memasukkan jam dan tanggal.
Matikan kembali ponsel lalu masukkan mmc. Kemudian hidupkan ponsel dgn mmc didalamnya.
Keuntungan cara ini adalah data2 kita tidak hilang. Tapi juga mempunyai efek samping. Yaitu menghapus ikon menu, khususnya pada symbian v1.
Untuk itu perlu dilakukan backup aplikasi. Caranya buka seleQ C:/system/data/applications.dat. Lakukan copy paste dan simpan ditempat aman. Misalnya drive E. Setelah memperbaiki bootdata, restore kembali file applications.dat ketempat asalnya. Yaitu difolder C:/system/data/.

4. Soft reset.
Sebelumnya cabut mmc dulu. Lalu dari posisi standby, masukkan kode *#7370#. Setelah itu anda akan diminta memasukkan kode kunci. Standar Nokia adalah 12345. Jika pernah anda ganti, masukkan sesuai kode yang baru. Setelah itu ponsel akan kembali kesettingan awal.
Cara ini biasanya tidak mempengaruhi aplikasi pihak ketiga. Tapi phonebook biasanya terhapus. Untuk itu lakukan backup data lebih dulu.

5. Hard reset.

Cara ini adalah langkah terakhir untuk mengatasi masalah. Sebab setelah kita melakukan hard reset, semua data-data ponsel akan terhapus.
Langkah pertama anda matikan ponsel lalu cabut mmc. Setelah itu tekan tombol call (hijau), tombol * (bintang), angka 3 dan tombol power secara bersamaan. Tunggu sampai muncul tulisan ‘formatting’.
Untuk melakukan hard reset battery harap dalam keadaan penuh. Sebab jika waktu proses format kehabisan daya, dikhawatirkan software akan rusak dan harus direflash.

Harus selalu diingat semua cara-cara diatas beresiko menghapus data-data ponsel. Untuk kita kita harus melakukan backup.

(sumber : tabloid Pulsa).

Author: titosuharto

Cuma manusia yang tak akan pernah berhenti untuk memperbaiki diri. Dan cuma bisa bersandar padaNya,,, InsyaAllah manfaat. New spirit, new soul, and new heart.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s