IM sebagai pengganti E-Mail


Assalamu’alaikum,

Pada zaman ini,era informasi semakin menuntut untuk cepat dan dinamis. dan itu berdampak pada revolusi yang terjadi pada penyampaian suatu informasi. E-Mail yang selama ini mendominasi dalam penyampaian informasi dan pesan, diprediksikan akan tergantikan dengan IM (Instant Messaging).

Memang hal ini masih terlalu dini untuk diprediksikan, tetapi arah menuju ini sudah tampak terlihat. Ini berdasarkan fakta yang terjadi di beberapa kasus. Dimana user yang tergolong dalam Hyperconnected akan lebih memilih IM sebagai sarana untuk pertukaran informasi dalam menjalankan bisnis atau hal lain dari pada menggunakan email. Tetapi hal ini memang masih terjadi pada sedikit kasus. Tetapi tidk memungkinkan hal ini akan berkembang,mengingat beberapa kelebihan yang ditawarkan oleh IM.

Dikutip dari DetikINET yang didapat dari PCWorld, bahwa dua pertiga user yang masuk kategori Hyperconnected memakai IM untjk bekerja maupun kepentingan pribadi. kategori Hyperconnected ini berarti user menggunakan 7 perangkat untuk akses jaringan dan 9 aplikasi komputer untuk tetap terkoneksi.

Namun tidak semua pihak setuju akan pendapat ini. Seperti yang dikatakan oleh Stave Jones, peneliti senior di Pew Internet & American Life Project seperti dilansir Sackbee,bahwa “kematian e-mail terlalu dibesar-besarkan. Memang ada banyak pililhan untuk berkomunikasi,namun e-mail masih punya beberapa manfaat dibanding model yang lain”.

Memang kita semakin diberikan banyak layanan dan pilihan yang masing-masing memiliki keungulan sendiri-sendiri. E-mail bagaimanapun sampai sekarang masih menjadi sebuah akses utama untuk user bila ingin memiliki akses ke banyak situs besar. Dan e-mail juga menawarkan data yang labih aman karena data itu terus tersimpan dan tidak perlu khawatir akan hilang selama data itu tidak dihapus oleh si pemilik e-mail.

Sedangkan IM memiliki keunggukan dalam hal kepraktisan dalam mengirim informasi dan lebih dinamis dalam menggunakannnya. Selama user dapat tersambung,maka selama itu pula user dapat menerima informasi secara real time atau langsung.

Semoga bermanfaat.

Wassalamu’alaikum.

Author: titosuharto

Cuma manusia yang tak akan pernah berhenti untuk memperbaiki diri. Dan cuma bisa bersandar padaNya,,, InsyaAllah manfaat. New spirit, new soul, and new heart.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s