Pahlawanku… Teladanku…


Akhir akhir ini negeri kita tercinta telah ramai oleh berita mengenai tokoh yang akan dijadikan Pahlawan Nasional. Bulan depan tepatnya tanggal 10 Novembar adalah Hari Pahlawan yang bertepatan pada hari itu pula ditetapkan beberapa nama siapa saja yang pentas dan layak menjadi Pahlawan Nasional.

Media ramai memberitakan ini kerana munculnya sosok penguasa orde baru sebagai calon Pahlawan Nasional. Kontroversi mulai muncul disini tentang masalah layak atau tidakkah beliau dicalonkan sebagai Pahlawan Bangsa.

Sudahlah, saya tidak mau membahas panjang lebar mengenai beliau,karena akan melebar kemana-mana termasuk sampe ke unsur politik.

Unek – unek saya sebenarnya terkait apa sebenarnya dan bagaimana sebaiknya seseorang itu layak dan pantas dijadikan sebagai Pahlawan Nasional. Telah kita ketahui,telah banyak orang-orang dinegeri ini yang ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional. Dan tentu saja jasanya tidak diragukan lagi bagi Bangsa ini.

Pahlawan jika diartikan secara harfiah sesuai dengan Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah ‘Orang yang menonjol karena keberanian dan pengorbanannya dalam membela kebenaran,pejuang yang gagah berani’. Maka seperti apakah orang yang masuk dalam criteria Pahlawan seperti yang disebutkan diatas? Tentusaja orang-orang yang memiliki dan memegang teguh jalan kebenaran dan memiliki sumbangsih besar kepada Bangsa Indonesia.

Orang itu tidak hanya memiliki jasa yang besar bagi bangsa, tapi yang paling utama menurut hemat saya adalah orang itu memiliki nilai-nilai integritas yang luhur dan bersih dari tindakan kriminal. Tentusaja,kita semua tahu, banyak orang besar yang cacat kriminal, and dalam pandangan kepahlawanan,mereka jelas tidak layak menjadi seorang Pahlawan Nasional.

Akan seperti apakah jika Pahlawan kita punya cacat seperti itu,akan seperti apakah kita nanti menanamkan keteladanan bagi generasi penerus yang nanti akan memimpim negeri ini. Karena seperti itulah fungsi dari Nilai-nilai kepahlawanan bagi generasi penerus. Pahlawan seharusnya dijadikan teladan, dan sudah seharusnya gelar Pahlawan diberikan kepada orang-orang yang memiliki nilai-nilai kepahlawanan.

Sekiranya kita semua tahu,bahwa orang besar akan dikenang karena keluhurannya,kebesarannya, dedikasinya,dan sumbangsihnya sampai beberapa tahun kedepan. Dan orang besar akan selamanya menjadi sebuah cerita yang manis untuk dikenang.

Semoga bangsa ini tidak salah memilih Pahlawan yang berjasa bagi bangsanya sendiri. Amiin

Author: titosuharto

Cuma manusia yang tak akan pernah berhenti untuk memperbaiki diri. Dan cuma bisa bersandar padaNya,,, InsyaAllah manfaat. New spirit, new soul, and new heart.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s