Sembilan Pertanyaan Tentang Kanker


Jakarta, Mungkin karena takut, kadang-kadang orang awam takut membahas kanker yang memang sangat mematikan. Padahal banyak pertanyaan yang sebenarnya penting untuk dijawab agar tidak memunculkan salah pemahaman.

Dikutip dari Dailymail, Selasa (12/10/2010), berikut ini adalah 8 pertanyaan tentang kanker yang sering membuat penasaran.


Ada berapa jenis kanker?
Total ada lebih dari 200 jenis kanker, namun beberapa di antaranya disebut langka karena sangat jarang terjadi.

Apakah kanker itu menyakitkan?
Sebagian besar kanker tidak didahului oleh gejala berupa rasa nyeri. Sel kanker itu sendiri tidak menyebabkan nyeri, namun terus tumbuh dan menekan jaringan di sekitarnya sehingga terasa sakit.

Bagaimana kanker bisa membunuh?
Kanker yang terus tumbuh bisa mengambil alih fungsi organ, misalnya paru-paru sehingga sulit bernapas. Bisa juga menghambat saluran pencernaan sehingga tidak bisa menyerap makanan.

Jika tumbuh di hati atau tulang, dampaknya adalah ketidakseimbangan kimiawi. Kondisi ini bisa menyebabkan koma, kelumpuhan dan bahkan kematian.

Meskipun demikian, tidak semua jenis kanker itu mematikan. Beberapa di antaranya memiliki peluang kesembuhan hingga 90 persen.

Ada berapa stadium kanker?

Ada 4 stadium berdasarkan penyebaran sel kanker, mulai dari stadium 1 yang masih terlokalisir hingga stadium 4 yang sudah menyebar ke jaringan lain. Kadang-kadang ada yang menyebut stadium 5 untuk kondisi terminal yang sudah tidak mungkin disembuhkan.

Jika pernah terkena kanker, apakah peluang untuk terkena jenis kanker lainnya akan meningkat?
Jika pernah menjalani radioterapi, kadang-kadang bukan hanya sel kanker saja yang mati. Beberapa jaringan di sekitarnya ikut rusak atau bahkan bermutasi menjadi sel kanker sehingga umumnya risikonya lebih tinggi. Namun peningkatannya sangat kecil, jauh lebih besar jika kanker yang pertama tidak diobati.

Apakah kanker menular?
Kanker adalah proses perubahan internal yang terjadi di tingkat sel, sementara sel tidak mungkin menular. jadi jangan takut, seseorang tidak mungkin tertular kanker.

Dapatkah kanker diatasi dengan cangkok organ?
Apabila sel kanker telah menyebar, cangkok organ tidak akan menghentikan penyebaran kanker. Bahkan agar organ cangkokan bisa diterima, tubuh harus diberi suntikan tertentu yang melemahkan sistem kekebalan tubuh sehingga perlawanan alami terhadap kanker juga ikut melemah.

Apakah diet dan olahraga bisa menyembuhkan kanker?
Diet yang sehat serta olahraga secara teratur akan jauh lebih baik jika dilakukan sebagai langkah pencegahan kanker. Jika sudah terkena kanker, kondisi tubuh menurun sehingga sebaiknya tidak dipaksakan lebih dari yang disarankan oleh dokter.

Kanker apakah yang paling mudah disembuhkan?
Pada pria, kanker prostat dan testikular (testis) merupakan jenis kanker dengan peluang kesembuahan paling tinggi. Sementara pada wanita, jenis kanker yang paling mudah diatasi adalah kanker payudara dan rahim.

Sumber:DetikHealth

Author: titosuharto

Cuma manusia yang tak akan pernah berhenti untuk memperbaiki diri. Dan cuma bisa bersandar padaNya,,, InsyaAllah manfaat. New spirit, new soul, and new heart.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s