Kota Terbersih Korupsi


Reformasi Birokrasi, Hal yang sudah didengung-degungkan sejak era Reformasi. Sampai sekarang masih berjalan lamban. Tetapi dibalik semua masalah itu,ternyata masih menyisakan cerita manis. Kota-kota besar di Indonesia pelahan beranjak dan mentas dari Korupsi. Berikut cuplikan berita yang mentahbiskan Denpasar sebagai kota Terbersih dari Korupsi di Indonesia. Semoga perstasi ini diikuti oleh seluruh kota di Indonesia dan secara bersamaan semoga semakin menuju Indonesia yang bermartabatdan bebas korupsi

JAKARTA–MICOM: Lembaga Transparency International Indonesia (TII) menganugerahi Denpasar sebagai kota terbersih dari praktik korupsi dengan Indeks Persepsi Korupsi (IPK) Indonesia 2010 mencapai 6,71.

“TII melakukan survei persepsi korupsi pada 50 kota di Indonesia, kemudian Bali meraih skor tertinggi,” kata Sekretaris Jenderal TII, Teten Masduki di Jakarta, Selasa (9/11).

Teten mengatakan Tegal menduduki posisi kedua dengan skor 6,26, disusul Solo (6,00), Yogyakarta dan Manokwari (5,81). Sementara, Kota Cirebon dan Pakanbaru menempati posisi terendah dengan nilai (3,61), Surabaya (3,94), Makassar (3,97) dan Jambi (4,13).

Teten menyebutkan TII mengukur IPK Indonesia dengan metode survei tatap muka terhadap 9.237 responden pelaku bisnis sejak Mei hingga Oktober 2010. Survei yang dilakukan pada 50 kota itu meliputi 33 ibu kota dan 17 kota yang signifikan secara ekonomi.

Teten menuturkan kota yang memiliki nilai IPK tertinggi mengindikasikan pelaku bisnis menilai tindak korupsi tidak lazim dilakukan, pemerintah setempat dan penegak hukum serius memberantas korupsi.

“Sedangkan kota yang mendapatkan nilai terendah mempersepsikan korupsi masih terjadi pada sektor pelayanan publik,” ujar Teten.

Teten menyatakan Kota Denpasar, Solo dan Yogyakarta memang menunjukkan prestasi yang meningkat pada bidang reformasi birokrasi.

Sementara itu, Manajer Tata Kelola Ekonomi TII, Frenky Simanjuntak menambahkan hasil IPK Indonesia berdampak terhadap kinerja pemerintah daerah. Frenky mencontohkan Kota Tegal yang meraih IPK Indonesia terendah kedua pada tahun 2008, saat ini menduduki posisi kedua teratas. (Ant/wt/X-11)

Sumber : Media Indonesia

Author: titosuharto

Cuma manusia yang tak akan pernah berhenti untuk memperbaiki diri. Dan cuma bisa bersandar padaNya,,, InsyaAllah manfaat. New spirit, new soul, and new heart.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s